Logo
images

Instalasi CentOS 7 Enterprise Menggunakan Mesin Virtualisasi

A. Apa Itu CentOS

CentOS (Community ENTerprise Operating System) merupakan Distro Linux yang cocok dipergunakan dalam skala Enterprise selain itu juga gratis. CentOS dibuat dari source code Red Hat Enterprise (RHEL) yang dikembangkan oleh sebuah komunitas yang disebut CentOS Project. 
CentOS pada dasarnya dibuat dari source code Ret Hat Enterprise yang bisa diunduh di ftp://mirrors.kernel.org/redhat/redhat/linux/enterprise. Software ini dirilis di bawah General Public License (GPL) yang selanjutnya dikembangkan oleh sebuah komunitas yang disebut CentOS Project, untuk lebih jelasnya silahkan mengunjungi situs resminya di http://www.centos.org. 

CentOS saat ini sudah digunakan di seluruh dunia, beberapa komunitas, mailing list, IRC dan website tutorial dibuka dengan lebar agar semua orang bisa mempelajarinya. Sehingga untuk dukungan mengenai bagaimana membuat sebuah server dengan distro ini Anda tidak perlu khawatir, sebab seluruh pengguna yang tersebar di dunia yang aktif di komunitas, siap untuk membantu Anda.

 

# Kelebihan dan kekurngan centos

      Kelebihan centos -> Kompatibel dengan Red Hat Merupakan Operating system yang handal untuk Enterprise Merupakan Operating system yang didukung resmi oleh CPanel Drivers Red hat dapat dipakai di Centos.

 

     Kekurangan centos -> Tergantung pada distro Red Hat. Karena centos selalu keluar setelah Red Hat Kurangnya dokumentasi mengenai centos Karena Centos dibangun berdasarkan Red hat maka segala kelebihan dan kekurangan Red hat juga menjadi bagian dari centos.

B. Langkah-langkah Instalalasi

Ok sebelum kita lanjut instalasi ada baiknya kita harus mempersiapkan media / tools sebagai bahan kita instalasi cent0S 7 ok ini dia yang harus kita persiapkan sebagai berikut :

>  CD/DVD Master

>  Media seprti Bootable 

>  Yg paling Utama nya adalah laptop & pc

> VirtualBox terserah mau versi berapa atau yg lebih bagus versi terbaru.

> link Download ISO http://kambing.ui.ac.id/iso/centos/7.4.1708/isos/x86_64/

1. Apa itu virtualbox

Virtualbox adalah software virtualisasi untuk menginstall sebuah OS “Operating System”, kita tahu bahwa arti dari kata virtuallilsasi merujuk pada kamus Oxford adalah “Convert (something) to a computer-generated simulation of reality” yang artinya  Mengubah/mengkonversi (sesuatu) ke bentuk simulasi dari bentuk yang nyata atau real. Nah jadi buat para agan agan yang mau coba-coba buat latihan mengingstall OS, tidak usah repot-repot harus menginstall ulang PC/Laptop agan (ribetlah) hehe, kita cuma perlu software Virtualbox ini untuk coba-coba atau belajar menginstall sebuah Operating System.
ok sahabat langsung ajj yuk kayanya kelaman ya langsung ajj ke TKP.

1. Tahap pertama adalah kita pilih NEW atau kalau virtualnya yang bahasa indonesia pilih baru yang berwarna biru gambar dibawah ini.

 

2. tahap kedua kita diperintahhkan untuk membuat virtual machin atau  server virtual kita, yang meliputi ( Nama, Type, verrsion ). saya membuat name dg nama centOS Typenya linux & versionnya  redhet(64-bit), karena centOS adalah bagian dari redhet juga bahkan clone nya redhet.

 

 

3. Tahap tiga kita diperkenankan meng create memory server kita,
     saya default saja 1024 seperti gambar dibawah ini. lalu next

 

4. Tahap empat kita diperintahkan untuk create hardisk  virtual sesuai  dengan gambar yang saya tandai sahabat lalu pilih create.

 

 

5Tahap kelima kita diperintahkan untuk memilih tipe hardisk  yaitu CDI ( VirtualBox Disk Image ) lalu setelah itu kita next.

 

 

6. Tahap keenam  kita diperintahkan utnuk mengeksekusi  pilihan penyimpanan hardis fisik ada dua pilihan kita pilih  "dynemically allocated" yg saya berikan lingkaran lalunext.

 

 

7. Tahap ketuju "file location & size" kita buat size hardisk 8.00 GB  saja untuk server centOS-nahri kita, Disini kita diberi kebebasan utnuk  membuat size berapa ajj tergantung kebutuhan. setelah selesai lalu  pilih create.

 

 

8. Tahap kedelapan kita pilih setting untuk menambakan iso masternya            dan mensetting networknya.  

 

 

9. Tahap kesembilan  kita pilih storage lalu pilih gambar iso yang saya beri   lingkaran hitam fungsinya adalah kita di suruh pilih iso master kita  yang kita instal lalu pilih ok.

 

10. Tahap kesepuluh kita pilih network dan di adapter1 kita pilih mode      breadge adapter, lalu kita pilih advanced terus kita ganti yang di  promiscuous  kita pilih Allow All lalu pilih ok.

 

 

1. Mulai kita instalasi server kita di VirtualBox, Kita pilih Install  centOS  7   sebagai perintah untuk mengeksekusi jalanya instalsi  server centOS kita lalu tekan ENTRE.

 

 

12. Tahap keduabelas  kita diperintahkan untuk memilih bahasa 
kita pilih bahasa inggris saja yg paling atas lalu continue.

 

 

13. Tahap tigabelas kita diperintahkan untuk memilih letak dimana kita  tinggal kita pilih jakarta jika sudah Done.

 

 

14. Tahap empatbelas kita pilih INSTALATION DESTINATION lalu entre.

 

 

15. Tahap limabelas kita akan men cretate partision secara manual dengan cara kita pilih I WILL CONFIGURE PARTISHION lalu centang karena  kalu tidak dicentang kita akan mengkonfigurasinya secara otomatis.    lalu DONE.

 

 

 

16. Tahap enambelas kita akan langsung instan melakukan configurasi  secara manual partisi kita pilih LVM ( Language Volume Management )  karena kedepanya kalu penuh bisa di management  lalu pilih ADD.

 

 

17. Tahap tujuh belas kita pilih add lalu kita create mount point  untuk  meng-create /boot agar proses booting kita lebih cepat dari biasanya.  

 

18. Tahap delapan belas seperti biasanya karena mengcreate root dalam linux itu adalah hal yang wajib karena root adalah username (nama  pengguna) dari akun yang memiliki akses ke semua perintah dan file pada Linux atau sistem operasi lain yang berbasis UNIX, atau Unix-like. root juga sering   disebut sebagai root useruser root atau superuser.  

 

 

19. Tahap sembilan belas  kita create partisi untuk swap
apa itu swap Adalah sebuah penyimpaan memory cadangan.

 

 

20.  Tahap Dua puluh kita pilih ACCEPT LALU,  DONE.

 

 

21. Tahap Dua satu kita harus isikan root password untuk encripsi, agar server kita tidah mudah dibobol dan orang2 yang tidak bertanggung jawab tidak macam2 dengan server kita.

 

 

22. Tahap duapuluh dua kita isikan root password untuk enkripsi server kita agar tidak sembarang orang memakai atau mengutak atik server kita karena jika server kita ada passwordnya orang yang tidak bertanggung jawab atau orang iseng itu mikir 2 X hehehe. lalu Done.

 

 

23. Tahap dua pulu tiga  kita harus mengisi username sebagai pengguna server   yang kita instal, karena tujuan kita membuat username ini adalah sebagai   pengguna dari server kita nah selain kita bisa login dengan username, kita  juga bisa login dengan suoer user atau sering disebut root,ok jika sudah kita    pilih Done. 

 

 

24. Tahap dua puluh empat  adalah finish instalasi yaitu selesailah instalsi kita mantaaf kita tinggal configurasi saja, setelah itu lalu kita reboot server 
 
 
selesai finis instalasi terima kasih semoga bermanfaat ya 

TAG

Tinggalkan Komentar